VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH
A. Visi
Dengan menganalisa potensi yang ada di SMP Negeri 09 Kota Bengkulu baik dari segi input/ peserta didik baru, kompetensi tenaga pendidik, tenaga kependidikan, lingkungan sekolah, peran serta masyarakat, dan out come/ keberhasilan lulusan SMP Negeri 09 Kota Bengkulu serta masyarakat sekitar sekolah yang religius, serta melalui komunikasi dan koordinasi yang intensif antar sekolah dengan warga sekolah maupun dengan stakeholder, tersusunlah visi sekolah.
Adapun visi SMP Negeri 09 Kota Bengkulu adalah :
” SMP Negeri 9 Kota Bengkulu Unggul dilandasi Iman,
Taqwa dan Berbudaya Lingkungan Serta Berwawasan Global”
Indikator Visi :
1. Tercapianya Pendidikan untuk menghasilkan prestasi dan lulusan berkwalitas tinggi yang peduli dengan lingkungan hidup bermutu.
2. Tercapainya sumber daya manusia yang beriman, produktif, kreatif, inofatif dan efektif.
3. Tercapainya pengembangan inovasi pembelajaran sesuai tuntunan.
4. Tercapainya sumber daya manusia yang peduli dalam pencegahan pencemaran, mencegah kerusakan lingkungan dan melestarikan lingkungan hidup.
5. Tercapainya sarana prasana representatif dan up to date
6. Tercapainya pengelolaan pendidikan yang profesional
7. Tercapainya penilaian pendidikan yang memenuhi standar penilaian.
8. Tercapainya budaya yang berkualifikasi
9. Tercapainya sekolah bersih, hijau dan meminimalis hasil sampah yang tidak bermanfaat.
10. Tercapianya pendidikan yang mengedepankan pembentukan profil pelajar pancasila, yang memiliki enam dimensi utama yaitu:
a. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia,
b. Mandiri,
c. Kreatif,
d. Bergotong – royong, dan
e. Berkebinekaan global
11. Tercapainya manusia Indonesia yang mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dalam peradaban dunia.
12. Tercapianya generasi emas, sehat tanpa narkoba.
13. Tercapainya pendidiikan yang berwawasan global
14. Tercapianya pendidikan yang mengembangkan keterampilan abad 21
B. Misi
1. Mewujudkan Pendidikan untuk menghasilkan prestasi dan lulusan berkwalitas tinggi yang peduli dengan lingkungan hidup bermutu.
2. Mewujudkan sumber daya manusia yang beriman, produktif, kreatif, inofatif dan efektif.
3. Mewujudkan pengembangan inovasi pembelajaran sesuai tuntunan.
4. Mewujudkan sumber daya manusia yang peduli dalam pencegahan pencemaran, mencegah kerusakan lingkungan dan melestarikan lingkungan hidup.
5. Mewujudkan sarana prasana representatif dan up to date
6. Mewujudkan pengelolaan pendidikan yang profesional
7. Mewujudkan penilaian pendidikan yang memenuhi standar penilaian.
8. Mewujudkan budaya yang berkualifikasi
9. Mewujudkan sekolah bersih, hijau dan meminimalis hasil sampah yang tidak bermanfaat.
10. Mewujudkan pendidikan yang mengedepankan pembentukan profil pelajar pancasila
11. Mewujudkan manusia Indonesia yang mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dalam peradaban dunia.
12. Mewujudkan generasi emas, sehat tanpa narkoba.
13. Mewujudkanpendidiikan yang berwawasan global
14. Mewujudkan pendidikan yang mengembangkan keterampilan abad 21
C. Tujuan Sekolah
Mengacu pada visi dan misi sekolah, serta tujuan umum pendidikan dasar, tujuan SMP Negeri 9 Kota Bengkulu meningkatkan kualitas pendidikan dalam mengembangkan pendidikan ini adalah sebagai berikut ini:
Tercapianya Pendidikan untuk menghasilkan prestasi dan lulusan berkwalitas tinggi yang peduli dengan lingkungan hidup bermutu.
Tercapainya sumber daya manusia yang beriman, produktif, kreatif, inofatif dan efektif.
Tercapainya pengembangan inovasi pembelajaran sesuai tuntunan.
Tercapainya sumber daya manusia yang peduli dalam pencegahan pencemaran, mencegah kerusakan lingkungan dan melestarikan lingkungan hidup.
Tercapainya sarana prasana representatif dan up to date
Tercapainya pengelolaan pendidikan yang profesional
Tercapainya penilaian pendidikan yang memenuhi standar penilaian.
Tercapainya budaya yang berkualifikasi
Tercapainya sekolah bersih, hijau dan meminimalis hasil sampah yang tidak bermanfaat.
Tercapianya pendidikan yang mengedepankan pembentukan profil pelajar pancasila, yang memiliki enam dimensi utama yaitu:
a. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia,
b. Mandiri,
c. Kreatif,
d. Bergotong – royong, dan
e. Berkebinekaan global
Tercapainya manusia Indonesia yang mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dalam peradaban dunia.
Tercapianya generasi emas, sehat tanpa narkoba.
Tercapainya pendidiikan yang berwawasan global
Tercapianya pendidikan yang mengembangkan keterampilan abad 21